\ RAGAM BUDAYA BATURAJA: KULINER BATURAJA

Senin, 11 Maret 2013

KULINER BATURAJA

  KULINER KHAS BATRURAJA


                    “TEMPOYAK”.
durian mantap
Tempoyak ini merupakan makanan yang berbahan dasar Durian , Siapa sih yang ga tahu buah durian.  Biasanya warga sering memasak tempoyak ini dengan ikan patin sehingga sering disebut dengan Pepes Ikan patin. namun berbeda dari Pepes Ikan Pati biasanya, untuk bumbu utamanya, tempoyak lah yang sering digunakan oleh masyarakat OKU ini, Seperti referensi yang saya dapat dari website tersebut. Selain dibuat pepes ikan, tempoyak ini bisa dijadikan sebagai sambal tempoyak, dan dari beberapa teman saya mengatakan  bahwa ada juga yg memakan tempoyak ini mentah-mentah tanpa harus diolah terlebih dahulu. (karna berbahan dasar buah durian, tempoyak pun berasa manis manis kayak diriku gituuu :Dheheh).
Untuk Buah Durian ini pun banyak dtemui ketika musim penghujan telah tiba. seperti pada bulan Oktober  kemarin, Buah Durian sudah berlimpah ruah di kota saya sampe* jalanan pasar macet karna pedagang buah ini membuka lapak di pinggiran jalan.
Untuk Tanaman Buah Durian ini pun bisa kita temukan di daerah- daerah Sumatera Selatan (Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ilir, Musi Banyu Asin, Musi Rawas, dan masih buanyyaakk lagi) malah disekitar rumah-rumah warga pun terdapat kebun buah durian yang bisa di panen sendiri tanpa harus membeli.
Oke Guys,, sepertinya sampai disini dulu informasi yang dapat saya share kepada kalian semua :), untuk  berita yang lainnya sedang dalam proses pengumpulan data nih, kalo udah selesai pasti bakal saya post dan share buat kalian semua. :D

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar